Selasa, 11 Januari 2011

DUNIA GIGI

MENGENAL KERUSAKAN GIGI

 Kerusakan gigi di sebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang salah , baik cara menyikat gigi maupun waktu menyikat gigi. Cara benar adalah menyikat gigi dari arah gusi ke gigi . Lama mrnyikat gigi adalah 2-3 menit, jangan terburu-buru . sikatlah gigi minimal 2x sehari sehabis sarapan dan sebelum tidur . Apa saja sih kerusakan pada gigi ?? yuk kita bahas satu persatu....

1. Gigi Berlubang
     Penyebab gigi berlubang atau caries adalah bakteri Streptococcus Mutans dan Lacctobacilli.
Bakteri ini akan mengubah zat gula  dan karbohidrat menjadi asam. Asam ini lah yang sedikit demi sedikit menggerus permukaan gigi kita.
     Setelah itu, sedikit demi sedikit gigi kita menjadi berlubang . Mula-mula hanya terbentuk kerusakan kecil berupa titik berwana putih pada permukaan gigi. Namun jika di biarkan, lama-kelamaan titik putih itu  akan berubah menjadi hitam dan kemudian menjadi lubang.
Jika kita tidak merawat gigi dengan baik, lubang itu akan semakin lebar dan semakin dalam  hingga mencapai bagian dalam permukaan gigi. Kalau sudah begini, akan semakin sulit memperbaiki gigi rusak tersebut.

2. Plak
    Plak adalah lapisan yang menempel pada gigi. Lapisan ini terbentuk oleh bakteri sterptococcus yang pada dasarnya terdapat di dalam mulut. Bakteri ini , kemudian menempel pada permukaan gigi . Namun bakteri lain pun tidak mau ketinggalan. Ia pun , di bantu dengan air liur , ikut-ikutan menempel di gigi bersama bakteri sterptococcus.
    Lama -kelamaan bakteri ini semakin banyak menempel di gigi. permukaannya pun semakin meluas . Inilah yang kemudian di sebut plak . Jiuka plak ini di biarkan , maka ia pun dapat merusak gigi kita , misalnya saja gigi menjadi berlubang. Pertumbuhan plak ini sangat cepat . begitu kita selesai makan , plak akan segera terbentuk . Itu sebabnya setelah makan kita harus menggosok gigi , bukan untuk membersihkan sisa makanan , tetapi untuk membersihkan plak .

3.Radang Gusi 
   gusi sebagai bertempatnya gigi , juga bisa mengalami sakit,salah satunya adalah radang gusi atau gingivitis . penyebabnya adalah kotoran pada gigi yang menunmpuk di leher gigi dan masuk di celah antara gusi dan gigi.
  kotoran ini lama kelama'an akan mengeras dan membentuk lapisan yang di sebut kalkulus atau tartar .
jika lapisan ini membuat iritasi gusi .gusi dapat mengalami radang , atau pembengkakan . kalau sudah begini kamu pasti merasakan sakit yang sangat mengganggu . apabila gangguan ini di biarkan , gigimu bisa saja tanggal .
  Penyebab radang gusi  ini adalah kurang nya kebersihan gigi dan gusi . Oleh sebab itu, kalian harus rajin membersihkan gigi secara benar hingga semua kotoran benar-benar terangkat.

4.Nafas tak sedap (halitosis) 
   Bau mulut dapat di sebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja teman-teman sudah makan atau minum sesuatu yang berbau khas . Misal jika memakan buah durian , maka pasti nafas akan berbau durian. Namun ada kalanya bau mulut itu di debabkan oleh kotoran dan bakteri yang menumpuk di gigi kita. Bakteri dan kotoran inilah yang menyebabkan bau nafas tidak sedap.
   Selain itu gigi berlubang dan ganguan pada gusi piu dapat menjadi penyebab bau nafas tak sedap . Oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan gigin agar tidak ada gigi atau gusi yang berlubang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar